Tulungagung - The Beauty of Nature

Minggu, 16 September 2012

STKIP PGRI Tulungagung Akan Menjadi Universitas


(Tulungagung, 23/7) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidukan (STKIP) PGRI Tulungagung sedang melaksanakan pengembangan struktur organisasi. Kedepannya, kampus yang berlokasi di Jalan Mayor Sujadi No. 7 tersebut akan berubah menjadi universitas, dengan nana Universitas Juana Sakti PGRI T.agung. Sekaligus menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kedua di Tulungagung yang menjadi universitas, setelah Universitas Tulungagung (UNITA). Untuk mencapai target tersebut, sejak awal tahun 2012, pihak kampus sudah melaksanakan berbagai persiapan. Mulai dari proses akreditasi program  - program studi (prodi) yang sudah ada, sampai rencana penambahan beberapa program studi yang baru.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk menjadikan STKIP PGRI Tulungagung menjadi sebuah universitas . Permintaan dunia kerja, baik di daerah Propinsi Jawa Timur, khususnya Kabupaten Tulungagung akan tenaga profesional dari tahun ke tahun mengalami pola peningkatan yang cukup sifnifikan. Sementara, jumlah lulusan perguruan tinggi masih belum memadai karena keterbatasan daya tampung kampus maupun sedikitnya program studi yang tersedia. Kesenjangan ini hanya bisa diatasi dengan perubahan status kampus menjadi universitas yang tentunya memiliki kapasitas untuk menghasilkan lebih banyak lulusan dari bebagai disiplin ilmu. STKIP PGRI Tulungagung yang sekarang ini memiliki jumlah mahasiswa aktif lebih dari 4000 mahasiswa, menjadi perguruan tinggi dengan mahasiswa terbanyak se-Kabupaten Tulungagung sekaligus sangat potensial untuk menghasilkan lulusan - lulusan baru yang memiliki keahlian dan perilaku berkarya produktif, yang nantinya akan sangat kompeten di bidangnya masing - masing setelah lulus kuliah dan berada di tengah - tengah masyarakat.

Berbagai program studi baru akan terbentuk, karena salah satu syarat universitas harus memiliki program studi dari berbagai fakultas. Saat ini, STKIP PGRI Tulungagung hanya memiliki lima program studi dalam jurusan pendidikan atau setara dengan satu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kelima program studi tersebut yakni Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, PPkn dan Bahasa Indonesia. Drs. Supriadi, Pembantu Ketua (PK) III Bidang Kemahasiswaan menjelaskan bahwa sekurang - kurangnya akan ada dua fakultas setingkat S1 baru yang akan dibentuk, yakni fakultas teknik dan hukum. Namun, jika ada banyak permintaan dari mahasiswa baru, tidak menutup kemungkinan untuk menambah fakultas baru seperti fakultas sosial politik maupun menambah program studi dalam fakultas pendidikan yang sudah ada, serta program pasca sarjana.

"Karena memang persyaratan untuk menjadi sebuah universitas itu sangat berat," ungkap Drs. Supriadi saat bertemu dengan tim redaksi dari Ikatan Karya Ilmiah Mahasiswa (IKLIM).

"Beberapa persyaratan sudah terpenuhi, sekarang pihak kampus mulai melaksanakan persiapan, terutama terkait gedung kampus baru," penjelasan Drs. Supriadi saat berada di kantor PK 3.

Saat ini, pihak kampus sudah menyusun rencana untuk menyiapkan hal tersebut. Antara lain rencana pembangunan gedung baru. Gedung baru tersebut rencananya berada di dua lokasi yang berbeda. Memang, pihak kampus belum menentukan secara pasti, namun pihak kampus sudah melakukan survei dan menemukan dua daerah yang sesuai, yaitu di daerah Beji dan satu lagi terletak di sebelah RS Dharma medika. Jika terealisasi nantinya gedung tersebut akan berfungsi sebagai ruang kuliah yang berdampingan dengan Rumah Susun Mahasiswa (rusunawa).

 Seluruh tenaga pengajar STKIP PGRI Tulungagung juga sudah melakukan berbagai upaya peningkatan mutu. Dalam rangka tersbut, sejak setahun yang lalu banyak dosen yang melanjutkan studi ke jenjang S3/ doktoral. Karena persyaratan sebuah universitas antara lain adalah minimal satu fakultas terdiri dari dua dosen dengan gelar doktor.

"Yang pasti, perizinan dari pemerintah untuk menjadi universitas sudah didapatkan, rencana awal pada tahun akademik 2013/2014 STKIP PGRI Tulungagung sudah menjadi universitas, sekarang pemerintah menunggu perkembangan dan komitmen semua stakeholders/ pihak yang terlibat," penjelasan Drs. Supriadi menutup pertemuan dengan tim redaksi IKLIM BERKARYA.

Semoga di masa yang akan datang, dengan terealisasinya rencana ini, STKIP PGRI Tulungagung akan semakin lebih baik dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi Indonesia, yakni pelaksanaan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

5 komentar:

  1. Bagus... apalagi kalau dibuka prodi biologi atau lingkungan untuk meningkatkan keahlian SDM di Tulungagung di bidang lingkungan hidup, mengingat semakin banyaknya masalah lingkungan hidup yang terjadi di Tulungagung.

    BalasHapus
  2. oke, salam super ....
    semoga masalah lingkungan hidup di Tulungagung bisa terselesaikan ... aamiin

    hehehehehe

    BalasHapus
  3. semoga saja dibuka Teknik Informatika

    BalasHapus
  4. Assalamu’alaikum wr.wb

    Salam sejahtera bagi kita semua.
    Sebelumnya perkenankan kami untuk memperkenalkan diri. Kami adalah dari
    " Heny Tour and Travel Tulungagung " .
    Kami merupakan biro penyedia jasa yang bergerak dalam bidang pelayanan Pariwisata.
    Kami beralamatkan di Jl Candi Gayatri Boyolangu Tulungagung Jawa Timur.
    Phone : 082143565734 /085645769709 .
    Instagram : Henytour
    blog : [ Henytour.blogspot.com ]
    Email : Henyagustina84@gmail.com

    Dengan ini perkenankan kami mengajukan Penawaran Paket Wisata. Adapun daftar harga paket wisata tergantung jauh dan dekatnya tujuan wisata. Dan merupakan suatu penghargaan terbesar bagi kami apabila Saudara memberikan kepercayaan kepada kami dalam program wisata.
    Demikian Pengajuan Penawaran Paket Wisata dari kami. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wr.wb

    BalasHapus

Profil Kampus

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Tulungagung sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), lahir dengan embrio IKIP Sarmidi Mangunsarkoro pada tahun 1969. Selanjutnya menjadi IKIP PGRI Jawa Timur di Tulungagung. Dalam perkembangannya berdasarkan usulan YPLP-PT PGRI menjadi STKIP PGRI Tulungagung dengan Status Terdaftar dengan SK Mendikbud Nomor : 070/0/1985, tanggal 18 Februari 1985. Berkedudukan di Kabupaten Tulungagung dengan alamat Jalan Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang.

Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni

Peningkatan daya penalaran mahasiswa meliputi : penelitian oleh UKM IKLIM Tulungagung, kelompok - kelompok mahasiswa Program Studi, memadukan kuliah kerja dengan penelitian institusional di Program Studi, objek penelitian dalam dan di luar kampus, tiap Program Studi diberikan kesempatan melakukan penelitian dengan kelompok yang berbeda, topik penelitian harus mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan serta sesuai dengan objek penelitian.

Seminar Akademik

Seminar/ Simposium/ diskusi/ lokakarya/ penataran mahasiswa oleh UKM IKLIM Tulungagung dengan tiap Program Studi diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan yang mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan. Kegiatan lain yang bersifat eksternal, dilaksanakan oleh UKM IKLIM Tulungagung bekerjasama dengan instansi lain.