Tulungagung - The Beauty of Nature

Sabtu, 27 Juli 2013

MONEV PKM 2013 : “SALAM SUPER” DARI IKIP PGRI MADIUN

(Tulungagung, 18 Juli 2013) Dalam rangka mengetahui perkembangan kemajuan dan memantau hasil kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2013, maka Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat akan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan PKM. Menghadapi hal tersebut, kampus STKIP PGRI Tulungagung sebagai salah satu kampus yang memiliki satu kelompok yang lolos dalam bidang PKM – Teknologi mempersiapkan hal – hal terkait proses monev tersebut. Tahun ini, untuk wilayah Karesidenan Kediri proses monev sendiri dilaksanakan pada Hari Rabu, 17 Juli 2013 bertempat di IKIP PGRI Madiun. Kelompok PKM – Teknologi kampus STKIP PGRI Tulungagung diketuai oleh Edi Winarko (Prodi Bahasa Inggris), serta anggota terdiri dari Nadia K (Prodi Bahasa Inggris), Niken Dyah R (Prodi Bahasa Inggris), Nanik Sugiarti (Prodi Matematika) dan Erick Perdana (Prodi Ekonomi). Turut serta dalam proses monev perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan BEM STKIP, yakni Dedi Parianto (Prodi Ekonomi). Sementara yang turut mendampingi dari pihak kampus adalah Bapak Ismanu Roziqi sebagai staff bidang kemahasiswaan.


Kegiatan monev itu intinya seperti presentasi pada umumnya. cuma yang perlu diperhatikan, yang menilai dalah reviewer dari dikti pusat langsung, dan seperti yang sudah sering disinggung, penilaiannya menentukan maju ke PIMNAS atau tidak mencapai 60%. Tiap tim diberikan waktu 30 menit (atau mungkin kurang) untuk mempresentasikan hasilnya (50% waktu) dan tanya jawab (50% waktu). Yang dipresentasikan adalah bagaimana kita melaksanakan program sesuai dengan proposal yang telah kita ajukan dulu, bagaimana hasilnya, dan juga tidak kalah pentingnya pertanggungjawaban dana yang telah diberikan dikti, jadi sebaiknya dipersiapkan dari sekarang dokumentasi kegiatan penelitiannya (karena dikti tidak melakukan kunjungan lapangan jadi kita harus menyodorkannya berupa foto itu) atau mungkin apabila ada hasil dari kegiatan pkm itu (misal : software untuk pkmt, produk yang dihasilkan untuk PKMK).


Yang jelas monev ini bukan semacam final dari kegiatan PKM, sehingga yang diutamakan bukan hasil tetapi proses. Tidak kalah pentingnya adalah bon - bon pengeluaran semua kegiatan penelitian kita harus tertata rapi dan diusahakan sesuai dengan proposal. Bila ada sisa tidak apa (karena dari dikti tidak ada peraturan untuk mengembalikan dana sisa) namun diusahakan serealisis mungkin dan sesuai dengan proposal. Semua aspek penelitian diusahakan sesuai dengan proposal yang kita ajukan. Kalaupun tidak  harus mempersiapkan alasan yang tepat apabila ditanyakan oleh reviewer. Kedepannya, satu aspek yang sering terlupakan adalah kekompakan tim dan peranan pembimbing. Kedua aspek itu juga masuk dalam penilaian monev. Untuk aspek kekompakan, terutama dilihat saat presentasi monev, oleh karena itu semua kalau bisa menguasai betul materi PKM dan siap apabila ditanya oleh reviewer dikti.  Dan tidak kalah pentingnya diusahakan semua hadir dalam monev pkm yang diadakan dikti, bila tidak  bisa sebaiknya alasannya cukup kuat. Sedangkan untuk aspek peranan pembimbing, saat monev pasti akan ditanyai sampai sejauh mana peranan beliau dalam kegiatan PKM, dan untuk pertanyaan ini tahun lalu banyak yang kurang mengantisipasi sehingga jawabannya sebaiknya disiapkan sebelum presentasi. Juga akan ditanyakan keterkaitan antara disiplin ilmu dosen pembimbing dan program PKM, jadi jawabannya harus disiapkan secara “super kerja keras” dari sekarang. (dp)

0 komentar:

Poskan Komentar

Profil Kampus

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Tulungagung sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), lahir dengan embrio IKIP Sarmidi Mangunsarkoro pada tahun 1969. Selanjutnya menjadi IKIP PGRI Jawa Timur di Tulungagung. Dalam perkembangannya berdasarkan usulan YPLP-PT PGRI menjadi STKIP PGRI Tulungagung dengan Status Terdaftar dengan SK Mendikbud Nomor : 070/0/1985, tanggal 18 Februari 1985. Berkedudukan di Kabupaten Tulungagung dengan alamat Jalan Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang.

Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni

Peningkatan daya penalaran mahasiswa meliputi : penelitian oleh UKM IKLIM Tulungagung, kelompok - kelompok mahasiswa Program Studi, memadukan kuliah kerja dengan penelitian institusional di Program Studi, objek penelitian dalam dan di luar kampus, tiap Program Studi diberikan kesempatan melakukan penelitian dengan kelompok yang berbeda, topik penelitian harus mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan serta sesuai dengan objek penelitian.

Seminar Akademik

Seminar/ Simposium/ diskusi/ lokakarya/ penataran mahasiswa oleh UKM IKLIM Tulungagung dengan tiap Program Studi diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan yang mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan. Kegiatan lain yang bersifat eksternal, dilaksanakan oleh UKM IKLIM Tulungagung bekerjasama dengan instansi lain.