Tulungagung - The Beauty of Nature

Senin, 22 Juli 2013

PERSIAPAN KELOMPOK PKM MENJELANG PROSES MONITORING DAN EVALUASI DI IKIP PGRI MADIUN : BUKAN SEKEDAR “PRESENTASI BIASA”


(Tulungagung, 7 Juli 2013) Menjadi mahasiswa berarti menjadi bagian dari proses pembelajaran. Begitu pula sebaliknya, kegiatan belajar merupakan hal terpenting bagi mahasiswa. Belajar bukan saja mencari tahu, namun juga berusaha berpikir secara jernih. Belajar setidaknya dapat terwakili pada tiga kegiatan yaitu membaca, diskusi dan menulis. Diskusi pernah menjadi kegiatan belajar paling populer diantara kegiatan lainnya karena melibatkan interaksi sejumlah pendapat secara langsung. Diskusi juga menuntut peserta mempunyai banyak pengetahuan. Dan itu melibatkan kegiatan membaca. Diskusi juga dapat menjadi sumber inspirasi menulis karena wacana yang dibahas telah melewati sanggahan dan penguatan di forum diskusi. Kelebihan diskusi itu ternyata kini tidak lagi membuat diskusi digemari. Forum diskusi mahasiswa dari hari ke hari menurun peminatnya. Bila dulu forum diskusi masih seringkali kita temui di tiap sudut kampus. Kini keadaan telah berubah. Mahasiswa lebih memilih berjalan-jalan dan berbelanja setiap usai kuliah.

Menyadari fenomena yang terjadi di atas, UKM IKLIM STKIP PGRI Tulungagung memprakarsai kegiatan diskusi ilmiah baik secara internal maupun eksternal kampus untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam proses pembelajaran karya ilmiah. Pada kegiatan diskusi yang dilasanakan di kampus hari Minggu, 7 Juli 2013 kemarin, topik bahasan utama adalah membahas persiapan Monitoring dan Evaluasi (monev) Program Kreativitas Mahasiswa. Seperti diketahui,  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan oleh DP2M DIKTI dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang mandiri dan arif.  Dalam hal ini mahasiswa diberi kesempatan untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandiriannya melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmunya masing-masing.

Proses movev sendiri, rencananya akan berlangsung di IKIP PGRI Madiun selama dua hari, yaitu tanggal 17 – 18 Juli 2013. Sementara tahun ini, ada satu Kelompok PKM dari STKIP PGRI Tulungagung yang akan melaksanakan presentasi pada saat monev, yakni kelompok yang diketuai oleh Edi Winarko, mahasiswa asal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Segala persiapan pun sudah dilaksanakan dengan terperinci, sesuai dengan tuntutan dari Dirjen Pendidikan Tinggi, lulusan sebuah perguruan tinggi harus memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. PKM sendiri memang menjadi salah satu cara Dirjen DIKTI untuk mengasah kreativitas mahasiswa melalui proses kompetisi. Ya, mahasiswa harus berjuang terlebih dahulu sebelum memperoleh hibah berupa bantuan biaya pelaksanaan kegiatan PKM. Mahasiswa mulai berjibaku dengan pembuatan proposal, dikirimkan ke Dirjen DIKTI melalui lembaga kemahasiswaan, lalu menunggu keputusan siapa pemenangnya. Pemenangnya memang ditetapkan oleh Dirjen DIKTI setelah memperolah masukan dari para reviewer yang memeriksa ribuan proposal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa kreatif diharapkan makin banyak melalui ajang ini.Dengan demikian dikalangan mahasiswa akan terbangun kultur/kebiasanan berkomunikasi ilmiah. Sehingga akan menjadi mudah untuk menuangkan ide/gagasan dalam bentuk tulisan ataupun karya ilmiah. Kedepannya, semoga ada tambahan peran aktif dosen dalam melakukan pendampingan/bimbingan, agar potensi ide/gagasan kreatif mahasiswa dapat sesuai dengan kemasannya. (dp)

0 komentar:

Posting Komentar

Profil Kampus

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Tulungagung sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), lahir dengan embrio IKIP Sarmidi Mangunsarkoro pada tahun 1969. Selanjutnya menjadi IKIP PGRI Jawa Timur di Tulungagung. Dalam perkembangannya berdasarkan usulan YPLP-PT PGRI menjadi STKIP PGRI Tulungagung dengan Status Terdaftar dengan SK Mendikbud Nomor : 070/0/1985, tanggal 18 Februari 1985. Berkedudukan di Kabupaten Tulungagung dengan alamat Jalan Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang.

Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni

Peningkatan daya penalaran mahasiswa meliputi : penelitian oleh UKM IKLIM Tulungagung, kelompok - kelompok mahasiswa Program Studi, memadukan kuliah kerja dengan penelitian institusional di Program Studi, objek penelitian dalam dan di luar kampus, tiap Program Studi diberikan kesempatan melakukan penelitian dengan kelompok yang berbeda, topik penelitian harus mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan serta sesuai dengan objek penelitian.

Seminar Akademik

Seminar/ Simposium/ diskusi/ lokakarya/ penataran mahasiswa oleh UKM IKLIM Tulungagung dengan tiap Program Studi diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan yang mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan. Kegiatan lain yang bersifat eksternal, dilaksanakan oleh UKM IKLIM Tulungagung bekerjasama dengan instansi lain.