Tulungagung - The Beauty of Nature

Selasa, 18 September 2012

Reorganisasi UM IKLIM Tulungagung


Dalam rangka penciptaan lingkungan pendidikan yang baik dalam kampus dan membantu program pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, maka setiap organisasi idealnya harus melaksanakan penataan ulang struktur kepengurusan atau re-organisasi. Begitu juga yang dilakukan unit penelitian dan penalaran kampus, Ikatan Karya Ilmiah Mahasiswa (IKLIM), yang merupakan satu - satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang fokus di penelitian dan penalaran se-Kabupaten Tulungagung. Dengan nilai tambah, yakni sisi strategis yang ditempati IKLIM sejak dua tahun terakhir, sebagai koordinator penelitian dan penalaran  untuk wilayah Karesidenan Kediri (Tulungagung, Kediri, Blitar, danTrenggalek), serta zona khusus Jombang - Pacitan.


Tahun ini IKLIM yang selama ini menjadi laboratorium bergerak kampus dalam bidang riset dan penelitian telah sukses melaksanakan re-organsasi tersebut. Dalam usianya yang relatif muda (berdiri sejak tahun 2008), para founder dan co-founder IKLIM telah meletakkan batu pijakan yang tepat untuk diteruskan oleh mahasiswa angkatan berikutnya. Dimulai dari kepemimpinan Fandi Adpen L, S.Pd tahun 2008 - 2009, sampai periode 2011 - 2012 yang dipimpin oleh Jatisepti Vilayani. Dengan fokus pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dalam Musyawarah Tahunan yang dilaksanakan bulan Juni yang lalu, telah beralih tongkat estafet kepemimpinan ke tangan Edi Winarko, yang menjabat untuk periode 2012 - 2013. Setelah dipilih dan dilantik, untuk eksistensi IKLIM kedepannya diperkenalkan tiga departemen baru yang lebih efisien. Pertama, Departemen Pengembangan Oraganisasi yang menjadi "dapur" organisasi sebagai pelaksana proses administrasi. Departemen Penelitian dan Penalaran, yang memberikan konsultasi penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), survei, pelaksana Program Hibah Bina Desa (PHBD), dan koordinasi Karya Ilmiah Remaja (KIR) Kabupaten Tulungagung, dan yang terakhir Departemen Hubungan Masyarakat.


Apakah yang dimaksud dengan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ? Bagaimana proses pelaksanaan dan benefit/ keuntungannya kepada mahasiswa ?


PKM adalah program dari DIKTI yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menyusun proposal kegiatan yang berkaitan dengan berbagai kegiatan, seperti kewirausahaan, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi, dan gagasan tertulis. Jika disetujui, pengajuan mahasiswa akan mendapatkan insentif dana antara 3 - 10 juta untuk tiap proposal. Bukan hanya itu, tiap proposal yang diterima otomatis akan maju ke PIMNAS/ Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat nasional untuk dilombakan dengan berbagai usulan lain dari perguruan tinggi seperti ITB, IPB, Unibraw, dan sebagainya. Karena tingkat nasional , persaingannya pun juga ketat, namun STKIP PGRI Tulungagung tetap memiliki peluang yang besar karena posisi strategisnya sebagai koordinator untuk Karesidenan Kediri, dan zona Pacitan - Jombang. 


Ayo bergabung bersama IKLIM. Jadilah mahasiswa yang kritis, dan berprestasi. Mahasiswa yang tidak hanya memiliki akademic knowledge, namun juga mumpuni dalam skill of thinking, communication skill dan management skill untuk menjawab kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan di masyarakat dan munculnya tuntutan masyarakat atas mutu lulusan perguruan tinggi yang mandiri dan siap mengantisipasi arah perkembangan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

Profil Kampus

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Tulungagung sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), lahir dengan embrio IKIP Sarmidi Mangunsarkoro pada tahun 1969. Selanjutnya menjadi IKIP PGRI Jawa Timur di Tulungagung. Dalam perkembangannya berdasarkan usulan YPLP-PT PGRI menjadi STKIP PGRI Tulungagung dengan Status Terdaftar dengan SK Mendikbud Nomor : 070/0/1985, tanggal 18 Februari 1985. Berkedudukan di Kabupaten Tulungagung dengan alamat Jalan Mayor Sujadi Timur No. 7 Plosokandang.

Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni

Peningkatan daya penalaran mahasiswa meliputi : penelitian oleh UKM IKLIM Tulungagung, kelompok - kelompok mahasiswa Program Studi, memadukan kuliah kerja dengan penelitian institusional di Program Studi, objek penelitian dalam dan di luar kampus, tiap Program Studi diberikan kesempatan melakukan penelitian dengan kelompok yang berbeda, topik penelitian harus mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan serta sesuai dengan objek penelitian.

Seminar Akademik

Seminar/ Simposium/ diskusi/ lokakarya/ penataran mahasiswa oleh UKM IKLIM Tulungagung dengan tiap Program Studi diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan yang mempunyai relevansi dengan Program Studi dan harus tetap berkaitan dengan masalah pendidikan. Kegiatan lain yang bersifat eksternal, dilaksanakan oleh UKM IKLIM Tulungagung bekerjasama dengan instansi lain.